Pages

Subscribe:

December 5, 2011

Install JDK 7 di Ubuntu




Kali ini saya akan share tutorial menginstall Java Development Kit di Ubuntu 11.10 code name Oneiric Ocelot. Berikut langkah-langkahnya.....



  1. Download arsip JDK dari website Oracle disini.
  2. Ekstrak file arsip jdk yang kamu download tadisehingga akan didapat folder jdk1.7.0.
  3. Buka terminal dan pindahkan folder jdk tadi ke /usr/lib/jvm dengan mengetikkan perintah:   sudo mv /direktori/tempat/jdk/jdk1.7.0/ /usr/lib/jvm pada terminal.
  4. Cek ada berapa alternatif pilihan java yangkamu punya di Ubuntu kamu, dengan command  : sudo update-alternatives --config java.
  5. Install alternatif baru ke Ubuntu kamu dengan perintah : sudo update-alternatives –install /usr/bin/java java /usr/lib/jvm/jdk1.7.0/jre/bin/java perhatikan angka 2 yang saya cetak tebal, angka tersebut merupakan index yang belum digunakan di daftar alternatif pilihan java yang kamu miliki. Jika kamu memiliki 2 alternatif di Ubuntu kamu maka beri angka 3 pada command di atas.
  6. Atur kembali konfigurasi java mana yang akan kamu gunakan di Ubuntu kamu dengan cara mengetikkan command : sudo update-alternatives --config java karena jdk 7 ada pada index ke 2 maka kita pilih 2 lalu tekan enter. 
  7. Silahkan cek versi java yang kamu gunakan di Ubuntu kamu dengan mengetikkan command : java -version
    Selamat jdk 7 sudah terinstall di Ubuntu kamu !!!

0 komentar:

Post a Comment