Pages

Subscribe:

December 28, 2011

Tools Memilih Nama Domain





Terkadang kita bingung kalau ingin memilih nama domain yang cocok dengan website atau blog kita. Memilih nama domain adalah pekerjaan mudah, tapi kadang menyebalkan. Seringkali kalau kita dapat ide atau dapat sebuah nama dan ingin mendaftarkan nama tersebut kita malah dapat kekecawaan karena domain tersebut tidak tersedia atau sudah terdaftar. Mau tak mau kita harus mencari lagi yang lainnya. Nah Anda tidak perlu cemas, karena banyak sekali tools website di luar sana yang dapat membantu usaha pencarian nama domain yang mirip dengan nama yang kita inginkan. Berikut ada 5 Tools dari sekian banyak yang dapat Anda jadikan referensi :


  1. Domain Tools (www.domaintools.com)
    Domain Tools akan membantu anda menemukan informasi-informasi tenteng nama domain yang Anda cari. Didalamnya sudah terdapat fitur “Whois” yang akan menampilkan identitas pihak yang telah membeli nama domain yang Anda inginkan. Ada fitur “Suggestion” yang bisa membantu Anda menemukan nama domain yang mirip dengan nama yang Anda inginkan. Dan ada fitur “Domain Search” yang bisa menampilkan nama domain apa yang masih tersedia, baik yang berstatus “For Sale”, maupun yang masih berstatus “At Auction”.
  2. Domainr (www.domai.nr)
    Ketikkan nama domain yang Anda cari pada website Domainr maka Anda akan mendapatkan beberapa suggestion nama domain yang cukup unik. Sebab hasil yang ditampilkan tidak terbatas pada domain .com dan .net saja. Namun juga ccTLD lain (Country Code Top level Domain) yang bisa digunakan untuk menyusun nama domain tersebut. Lewat alat ini, Anda bisa mendapat ide-ide segar untuk nama domain seperti del.icio.us, gee.ky, stop.spamming.us dan berbagai variasi lainnya, yang lebih umum disebut Domain Hack.
  3. BustAName (www.bustaname.com)
    BustAName adalah sebuah domain finder yang cukup lengkap. Di dalamnya sudah ada fitur “List of Words” yang akan memberikan masukkan tentang nama domain yang mirip dengn pencarian Anda. Hasil pencarian tersebut bisa disimpan dan diorganisasikan di dalam folder-folder. Dan bisa disortir “by quality (readability)” maupun “by length”. Alat ini sudah dilengkapi video tutorial untuk mempelajari penggunaanya.
  4. DomainsBot (www.domainsbot.com)
    Domainsbot memiliki fitur “Advanced Search”. Sehingga, Anda bisa melakukan pencarian yang lebih custom, terstruktur, dan rapi. Contohnya, Anda bisa mengatur panjang karakter maksimal yang dibolehkan pada hasil pencarian, atau bisa menghilangkan nama domain yang ada tanda strip (-) pada hasil pencarian. Di sini Anda juuga bisa menemukan ID Twitter yang masih tersedia atas keyword Anda.
  5. Ajax Whois (www.ajaxwhois.com)
    Sesuai namanya, Ajax Whois merupakan sebuah mesin pencari nama domain berbasis AJAX. Sehingga seperti halnya mesin pencari berbasis pencari AJAX lainnya, pencarian nama domain bisa dilakukan dengan lebih cepat. Bahkan agar pencarian Anda bisa lebih cepat lagi, situs ini mengaktifkan beberapa fugsi shortcut keyboard yang digunakan untuk melakukan fungsi tertentu seperti save search, re-execute, dan close search.

Nah, itu tadi beberapa alat bantu yang dapat memberikan masukan untuk membantu pemilihan nama domain Anda. Perlu diingat, tools-tools tadi hanya membantu mencarikan ide dan inspirasi saja. Sedangkan untuk pendaftaran domain, Anda masih tetap harus membeli sendiri pada provider kepercayaan Anda.

0 komentar:

Post a Comment